RUMUS MATEMATIKA CEPAT : Dua Akar Lain dari Persamaan 3x4 + 3x3 + 12x2 + 13x + 18 = 0



Kebodohan yang disematkan kepada Ali adalah sebuah gelar yang teramat menyakitkan. Bayangkan saja, ketika SD ia dijuluki Si Goblok Anti Matematika. Begitu pula, saat SMP, gelarnya semakin “sadis” Si Pekok Kuadrat Matematika.

Julukan ini ia dapat karena setiap soal-soal yang diberikan oleh Sang Guru selalu berakhir dengan ending yang menyedihkan. Nol. Nol. Nol. Nilai yang didapatkan.

Ketika menginjak bangku SMA, ia bertekad kuat dalam hatinya untuk menghapus gelar yang selama ini disandang. Mulailah, Ali berlatih soal-soal matematika dari berbagai buku. 

Kebulatan tekadnya semakin mantap. Sampai-sampai, Olimpiade Matematika Nasional menjadi target utama.

Dimulai dari soal matematik bab Suku Banyak :
Sebuah persamaan memiliki persamaan 3x4 + 3x3 + 12x2 + 13x + 18 = 0

Mempunyai akar 2 dan 1. Carilah dua akar lainnya ?

SMART MATEMATIX SOLUTION
3x4 + 3x3 + 12x2 + 13x + 18 = 0
ax4 + bx3 + cx2 + dx + e = 0
x1 + x2 + x3 + x4 = -b/a
x1.x2.x3.x4 = e/a
x1.x2 + x1.x3 + x1.x4 + x2.x3 + x2.x4 + x3.x4 = c/a
x1.x2.x3 + x1.x3.x4 + x1.x2.x4 + x2.x3.x4 = -d/a

Penyelesain soal :
x1.x2.x3.x4 = e/a
2.1. x3.x4   = 6
x3.x4             = 3

x1 + x2 + x3 + x4 = -b/a
2 + 1 + x3 + x4   = - 1
x3 + x4   = - 4
x4 = - 4 - x3

x3.x4               = 3
x3 (- 4 - x3)  = 3
-4x3 - x32 – 3 = 0
x32 + 4x3 + 3 = 0
(x3 + 1) (x3 + 3) = 0
x3 = -1 atau  x3 = -3




                
Share on Google Plus

About Heroe Poernomo

Ketika SMP/SLTP, saya adalah orang paling goblok tentang matematika. Namun, kemudian menginjak SMA/SMU mulai berusaha untuk mengerjakan soal-soal matematika tetapi tetap saja bingung. Akhirnya, saya menemukan cara simple untuk memecahkannya dari berbagai buku yang dibeli dari Shopping Centre Yogyakarta.

Semoga Blog ini membantu. Jangan lupa tolong share dan comment. Atau bisa juga request soal untuk dijawab melalui kolom komentar/comments atau ShoutBox di sidebar.

Terima Kasih. Ingat saya bukan orang pintar. Hanya pemalas yang cari jalan pintas.

0 comments:

Post a Comment